Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

puasa sehat

1. Puasa Baik Bagi Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Penyakit jantung terjadi karena terhentinya aliran darah yang mengalir ke jantung sehingga dapat menyebabkan beberapa sel jantung menjadi mati. Penyakit jantung biasa disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti, merokok, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi dan kurang istirahat. Penyakit jantung sendiri menjadi penyebab nomor satu kematian orang dewasa di Amerika. Setiap tahunnya ada -+ 478.000 orang yang meinggal karena serangan jantung koroner. Hmm,…mengerikan sekali bukan? Tenang ternyata beberapa penelitian menyebutkan bahwa semua resiko itu dapat dicegah dengan menjalankan puasa. Ketika kita berpuasa, terjadi peningkatan HDL (Low Density Lipoprotein) dan penurunan LDL (Low Density Lipoprotein) yang menurut penelitian “chronobiological” ternyata hal tersebut dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
2. Mencegah Penyakit Kronis
Dalam puasa, selain diwajibkan untuk menahan makan dan minum dari mulai matahari terbit hingga terbenam, kita juga diwajibkan untuk menahan hawa nafsu / amarah. Dengan demikian, pikiran kita akan tenang dan dapat mengurangi kadar adrenalim dalam tubuh. Kurangnya kadar adrenalin dalam tubuh bisa memberikan dampak baik bagi tubuh tubuh misalnya: dapat mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik dimana hal tersebut bisa mengurangi resiko penyakit yang terjadi pada bagian jantung, pembuluh darah dan otak, misalnya stroke, jantung koroner dan yang lainnya.
3. Pola Pikir yang Lebih Tajam dan Kreatif
Hal yang akan terjadi pada seseorang yang terlalu banyak makan biasanya ia akan merasa cepat lelah dan sering ngantuk, sehingga membuat ia menjadi malas untuk melakukan segala bentuk aktivitas, ya selain tidur hehe. Sedangkan dengan menjalankan ibadah puasa, hati dan fikiran kita akan menjadi lebih tenang dan proses berfikirpun pun akan melambat. Namun berdasarkan suatu penilitian, proses berfikir yang melambat justru akan membuat otak bekerja lebih tajam, kreatif dan memaksa kita untuk berfikir lebih kritis. Masih belum percaya? anda bisa mencobanya di rumah.
Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sekelompok mahasiswa di University of Chicago yang diminta melakukan puasa selama tujuh hari. Selama berpuasa, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai “REMARKABLE.” Wow sungguh luas biasa bukan, manfaat puasa ini.
4. Performa Seksual Meningkat Pesat
Sebuah penelitian yang membahas tentang kaitan puasa dengan kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH) membuktikan, bahwa puasa padaawalnya dapat menurunkan nafsu seksual dan menurunkan hormon testoteron. Tapihal tersebut hanya bersifat sementara, setelah beberapa hari puasa dijalankan justru produksi hormon pada testosteron akan meningkat pesat secara signifikan danperforma seksual justru meningkat pesat.
5. Mengurangi Kegemukan
Pernah dengar info tentang Diet OCD ? itu lho program diet yang sempat booming beberapa bulan lalu, diet yang pertamakali dicetuskan oleh pesulap Deddy Corbuzier. Diet OCD metodenya hampir sama dengan cara berpuasa. Sudah banyak yang membuktikan cara diet tersebut dan banyak yang berhasil menurunkan berat badan walaupun ada juga beberapa yang gagal, mungkin karena kurang disiplin. Nah, sama halnya dengan berpuasa di bulan ramadhan, secara ilmiah melaksanakan ibadah puasa juga bisa berdampak baik bagi pengurangan berat badan. Berpuasa dapat membuat saluran usus dalam tubuh menjadi lebih bersih dari sisa endapan makanan yang jika kadarnya berlebih dapat menjadi lemak dalam perut. Manfaat lain dari puasa yaitu dapat menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan sehingga proses metabolisme menjadi lebih lancar.
6. Pencegah & Penyembuh Penyakit Mental
“Neuroglial cells” merupakan suatu sel yang berfungsi sebagai pembersih dan penyehat otak. Sedangkan ketika seseorang menjalankan puasa, maka sel neuron yang rusak / mati akan dibersihkan oleh sel tersebut, sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Dr. Ehret, salah satu ilmuwan kejiwaan, menyatakan bahwa: “Beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik dan lebih lanjut untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari”. terangnya.
7. Kekebalan Tubuh Yang Meningkat
Walaupun keadaan tubuh menjadi lemas, tapi ternyata berpuasa dapat meningkatkan anti body pada tubuh orang tersebut. Hal ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian bahwa saat anda menjalankan puasa, akan terjadi peningkatan jumlah limfosit-B hingga 10 kali lipat dari sebelumnya. Hal tersebut dapat memperkuat sistem imunitas anda sehingga anda dapat terhindar dari infeksi berbagai virus entah itu dari lingkungan maupun yang terbawa dalam setiap makanan yang anda konsumsi
sudah umum, yaitu mengenai: Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik.
8. Sehat Bagi Ginjal
Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum. Saat berpuasa asupan air tubuh menjadi terkontrol sehingga kekuatan osmosis urin dapat mencapai 1000 – 12000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tersebut ginjal menjadi sehat dan berfungsi maksimal.
9. Pencegah Diabetes & kelebihan Nutrisi Lainnya
Obesitas dan diabates adalah penyakit yang disebabkan oleh kandungan / kadar gula dalam tubuh berlebih. Dengan menjalankan puasa, setidaknya konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan yaitu dengan mengembalikan keseimbangan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh.
Obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya adalah akibat dari tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Kabar gembiranya ketika anda berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol, sehingga akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.
10. Pengobat Sakit Sendi / Encok
Menjalankan puasa secara rutin dan teratur dapat meningkatkan produksi sel penetral alami yang salah satunya dapat meyembuhkan penyakit encok secara perlahan. Bahkan suatu penelitian menemukan adanya keterkaitan antara meningkatnya kemampuan sel penetral yang berfugsi sebagai pembasmi bakteri, dengan membaiknya radang sendi yang dapat menjadi penyebab encok.
Itulah beberapa manfaat dan dampak ilmiah puasa ramadhan bagi kesehatan yang inshaalloh dapat menambah semangat dan motivasi anda dalam menjalankan ibadah puasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s